Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Indikator, dan Materi Pokok Madrasah Tsanawiyah




BAB II
PEMBAHASAN
A.    Standar Kompetensi (SK)/Kompetensi Inti (KI) , Kompetensi Dasar (KD), Indikator dan Materi Pokok
1.   Pengertian Standar Kompetensi
Standar kompetensi adalah kemampuan yang dapat dilakukan atau ditampilkan untuk satu mata pelajaran. Kompetensi dalam mata pelajaran tertentu yang harus dimiliki oleh siswa. Kemampuan yag harus dimiliki oleh lulusan dalam suatu matapelajaran.[1]
Standar kompetensi merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang diharapkan dicapai pada setiap kelas atau semester pada suatu mata pelajaran.[2]
2.   Pengertian Kompetensi Inti
Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan  ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta diidk untuk suatu jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran. Kompetensi inti harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan soft skills.
Kompetensi inti ini berfungsi sebagia unsur pengorganisasi (organising element) kompetensi dasar. Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi Inti merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal Kompetensi Dasar. Organisasi vertikal Kompetensi Dasar adalah keterkaitan antara konten Kompetensi Dasar satu kelas atau jenjang pendidikan ke kelas /jenjang di atasnya sehingga memenui prinsip belajar yaitu terjadi suatu akumulasi yang berkesinambungan antara konten yang dipelajari siswa. Organisasi horizontal adalah keterkaitan antara konten kompetensi dasar satu mata pelajaran dengan konten kompetensi dasar dari mata pelajaran yang berbeda dalam satu pertemuan mingguan dan kelas yang sama sehingga terjadi proses saling memperkuat.
Kompetensi inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu bereknaan dengan sikap keagamaan (kompetensi inti 1), sikap sosial (kompetensi 2), pengetahuan (kompetensi 3), dan penerapan pengetahuan atau keterampilan (kompetensi 4). Keempat kelompok itu menjadi acuan dari kompetensi dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) pada waktu peserta didik be;ajar tentang pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dna penerapan pengetahuan (kompetensi inti kelompok 4).[3]
3.  Pengertian Kompetensi Dasar
Kompetensi dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari kompetensi inti. Kompetensi dasar adalah konten atau komoetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik, kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran. Mata pelajaran sebagai sumber dari konten untuk menguasai kompetensi bersifat terbuka dan tidak selalu diorganisasikan berdasarkan disiplin ilmu yang sangat berorientasi hanya pada filosofi esensialisme dan perenialisme. Mata pelajaran dapat dijadikan organisasi konten yang dikembangkan dari berbagai disiplin ilmu atau non disiplin ilmu yang diperbolehkan menurut filosofi rekonstruksi sosial, progresif ataupun humanisme. Karena filososfi yang dianut dalam kurikulum adalah eklektik seperti dikemukakan dibagian landasan filosofi maka nama mata pelajaran dan isi mata pelajaran untuk kurikulum yang akan dikembangkan tidak perlu terikat pada kaedah filosofi esensialisme dan penerialisme.[4]
Kompetensi dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari kompetensi inti. Kompetensi dasar adalah kemampuan minimal dalam mata pelajaran yang harus dimiliki oleh lulusan. Kemampuan minimum yang harus dapat dilakukan atau ditampilkan oleh siswa untuk standar kompetensi tertentu dari suatu mata pelajaran.
Kompetensi dasar bisa diartikan juga sebagai sejumlah kemampuan yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.[5]
4.    Pengertian Indikator
Indikator adalah karakteristik, ciri-ciri, tanda-tanda, perbuatan, atua respon yang harus dapat dilakukan atau ditampilkan oleh siswa untuk menunjukkan bahwa siswa itu telah memiliki kemampuan dasar atau kompetensi dasar tertentu. Sedangkan indikator bisa diartikan perilaku yang dapat diukur atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang menjadi acuan penilaian mata pelajaran.
5.    Pengertian Materi Pokok
Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.

B.    Standar Kompetensi (SK)/Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Indikator, Materi Pokok Kelas VII, VIII, IX menurut Permenag No 2 Tahun 2008 Dan Permenag 912 Tahun 2013

1.     Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
a). Kelas VII Semester I
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.     Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan dan lingkungan madrasah.
1.1  Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang : المدرسة ؛ التعارف
1.2  Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang : المدرسة ؛ التعارف
1.3  Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang : المدرسة ؛ التعارف
2.     Berbicara
Mengungkapkan pikiran perasaan, dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan dan lingkungan madrasah.
2.1Melakukan dialog sederhana tentang : المدرسة ؛ التعارف
2.2  Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang : المدرسة ؛ التعارف
3.     Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan dan lingkungan madrasah.
3.1Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang : المدرسة ؛ التعارف
3.2  Mengidentifikasi kata, frase, dan kalimat wacana tertulisa sederhana tentang : المدرسة ؛ التعارف
3.3  Menemukan makna, gagasan, atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang : المدرسة ؛ التعارف
4.     Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang tentang perkenalan dan lingkungan madrasah..
4.1  Menulis kata, frase, dan kalimat sederhana tentang : المدرسة ؛ التعارف


Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat :
( خبر + مبتدأ ), dengan مبتدأ yang meliputi :
(مفرد إشارة مفرد ، ضمير) dan خبر yang meliputi kata sifat, termasuk warna dan ادوات جرّ

b). Kelas VII semester II
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.     Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan rumah, keluarga dan alamat tempat tinggal.
1.1  Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang : العنوان ؛ الأسرة ؛ البيت
1.2  Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang : العنوان ؛ الأسرة ؛ البيت
1.3  Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang : العنوان ؛ الأسرة ؛ البيت
2.     Berbicara
Mengungkapkan pikiran perasaan, dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan rumah, keluarga dan alamat tempat tinggal.
2.1Melakukan dialog sederhana tentang : العنوان ؛ الأسرة ؛ البيت
2.2Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang : العنوان ؛ الأسرة ؛ البيت

3.     Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan rumah, keluarga dan alamat tempat tinggal.





3.1Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang : العنوان ؛ الأسرة ؛ البيت
3.2  Mengidentifikasi kata, frase, dan kalimat wacana tertulis sederhana tentang : العنوان ؛ الأسرة ؛ البيت
3.3  Menemukan makna, gagasan, atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang : العنوان ؛ الأسرة ؛ البيت
4.     Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang lingkungan rumah, keluarga dan alamat tempat tinggal.
4.1  Menulis kata, frase, dan kalimat sederhana tentang : العنوان ؛ الأسرة ؛ البيت
4.2  Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang : العنوان ؛ الأسرة ؛ البيت




Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat :
نعت ؛ مبتدأ مؤخّر ؛ خبر مقدّم ؛ عدد (رقم) : 1-100 ؛ خبر (فعل مضارع للمفرد

c). Kelas VIII semester I
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.     Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah.
1.1  Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang : الساعة؛ النشاطات في المدرسة ؛ النشاطات في البيت
1.2  Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang : الساعة؛ النشاطات في المدرسة ؛ النشاطات في البيت
1.3  Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang : الساعة؛ النشاطات في المدرسة ؛ النشاطات في البيت
2.     Berbicara
Mengungkapkan pikiran perasaan, dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah.
2.1  Melakukan dialog sederhana tentang : الساعة؛ النشاطات في المدرسة ؛ النشاطات في البيت
2.2  Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang : الساعة؛ النشاطات في المدرسة ؛ النشاطات في البيت

3.     Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah.




3.1  Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang : الساعة؛ النشاطات في المدرسة ؛ النشاطات في البيت
3.2  Mengidentifikasi kata, frase, dan kalimat wacana tertulisa sederhana tentang : الساعة؛ النشاطات في المدرسة ؛ النشاطات في البيت
3.3  Menemukan makna, gagasan, atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang : الساعة؛ النشاطات في المدرسة ؛ النشاطات في البيت
4.     Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah.
4.1  Menulis kata, frase, dan kalimat sederhana tentang : الساعة؛ النشاطات في المدرسة ؛ النشاطات في البيت



Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat :
جملة اسمية ؛ جملة فعلية ؛ مفعول به

d). Kelas VIII semester II
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.     Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang hobi dan profesi.
1.1  Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang : المهنة ؛ الهواية
1.2  Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang : المهنة ؛ الهواية
1.3  Melakukan dialog sederhana tentang : المهنة ؛ الهواية
1.4  Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang : المهنة ؛ الهواية
2.     Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang hobi dan profesi.



2.1  Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang : المهنة ؛ الهواية
2.2  Mengidentifikasi kata, frase, dan kalimat wacana tertulisa sederhana tentang : المهنة ؛ الهواية
2.3  Menemukan makna, gagasan, atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang : المهنة ؛ الهواية
3.     Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang hobi dan profesi.
3.1  Menulis kata, frase, dan kalimat sederhana tentang : المهنة ؛ الهواية
3.2  Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang : المهنة ؛ الهواية

Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat :
فعل مضارع + (لِ ، لَنْ ، أَنْ )
فعل مضارع + مصدر مؤول

e). Kelas IX Semester I
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.     Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang upacara-upacara keagamaan.
1.1  Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang : المناسبات الدينية
1.2  Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang : المناسبات الدينية
1.3  Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang : المناسبات الدينية
2.     Berbicara
Mengungkapkan pikiran perasaan, dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang upacara-upacara keagamaan.
2.1  Melakukan dialog sederhana tentang : المناسبات الدينية
2.2  Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang : المناسبات الدينية
3.     Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang upacara-upacara keagamaan.




3.1  Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang : المناسبات الدينية
3.2  Mengidentifikasi kata, frase, dan kalimat wacana tertulisa sederhana tentang : المناسبات الدينية
3.3  Menemukan makna, gagasan, atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang : المناسبات الدينية
4.     Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang upacara-upacara keagamaan.
4.1  Menulis kata, frase, dan kalimat sederhana tentang : المناسبات الدينية
4.2  Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang : المناسبات الدينية



Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat :
الفعل الماضى فى الجملة الفعلية ؛ لم ؛ لا الناهية

f). Kelas IX Semester II
Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar
1.     Menyimak
Memahami informasi lisan melalui kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang berwisata.
1.1  Mengidentifikasi bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang : جمال المناظر الطبيعية ؛ خالق العالم ؛ السياحة ؛ الحفاظ على البيئة
1.2  Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang : جمال المناظر الطبيعية ؛ خالق العالم ؛ السياحة ؛ الحفاظ على البيئة
1.3  Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana tentang : جمال المناظر الطبيعية ؛ خالق العالم ؛ السياحة ؛ الحفاظ على البيئة
2.     Berbicara
Mengungkapkan pikiran perasaan, dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang berwisata.
2.1  Melakukan dialog sederhana tentang : جمال المناظر الطبيعية ؛ خالق العالم ؛ السياحة ؛ الحفاظ على البيئة
2.2  Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang : جمال المناظر الطبيعية ؛ خالق العالم ؛ السياحة ؛ الحفاظ على البيئة
3.     Membaca
Memahami wacana tertulis dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang berwisata.




3.1  Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar tentang : جمال المناظر الطبيعية ؛ خالق العالم ؛ السياحة ؛ الحفاظ على البيئة
3.2  Mengidentifikasi kata, frase, dan kalimat wacana tertulisa sederhana tentang : جمال المناظر الطبيعية ؛ خالق العالم ؛ السياحة ؛ الحفاظ على البيئة
3.3  Menemukan makna, gagasan, atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang : جمال المناظر الطبيعية ؛ خالق العالم ؛ السياحة ؛ الحفاظ على البيئة
4.     Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan, pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang berwisata.
4.1  Menulis kata, frase, dan kalimat sederhana tentang : جمال المناظر الطبيعية ؛ خالق العالم ؛ السياحة ؛ الحفاظ على البيئة
4.2  Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang : جمال المناظر الطبيعية ؛ خالق العالم ؛ السياحة ؛ الحفاظ على البيئة



Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat :
الموصول ؛ اسم التفضيل ؛ فعل الأمر ؛ المجرّد و المزيد

2.     Kompetensi Inti dan Kompetensi dasar
a). Kelas VII semester I
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1     mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional, dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.     Menghargai dan mengahayati perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong) santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efekti dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.1     menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan ligkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2     Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3     Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman.
3.     Memahami dan menerpkan pengetahuan (faktual, konseptual dan prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkai fenomena dan kejadian tampak mata.
3.1     mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa arab yang berkaitan dengan : التعريف بالنفس  بالعاملين في المدرسة ؛ المرافق و الأدوات المرسية ؛ الألوان baik secara lisan maupun tertulis.
3.2     Melafalkan by-unyi huruf, kata, frasa, dan kalimat Bahasa arab yang berkaitan dengan التعريف بالنفس  بالعاملين في المدرسة ؛ المرافق و الأدوات المرسية ؛ الألوان
3.3     Menemukan makna atau gagasan dai ujaran kata, frasa, dan kalimat Bahasa arab yang berkaitan dengan التعريف بالنفس  بالعاملين في المدرسة ؛ المرافق و الأدوات المرسية ؛ الألوان
4.     Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis mmebaca, menghitung, menggambar dan menarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
4.1     mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik التعريف بالنفس  بالعاملين في المدرسة ؛ المرافق و الأدوات المرسية ؛ الألوان dengan memperhatikan struktur teks, dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2     menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang التعريف بالنفس  بالعاملين في المدرسة ؛ المرافق و الأدوات المرسية ؛ الألوان dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.3     Menyampaikan berbagai informasi lisan sedernaha tentang التعريف بالنفس  بالعاملين في المدرسة ؛ المرافق و الأدوات المرسية ؛ الألوان
4.4     Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang التعريف بالنفس  بالعاملين في المدرسة ؛ المرافق و الأدوات المرسية ؛ الألوان dalam berbagai struktur Bahasa sederhana secra tepat.
4.5     Menyusun teks sederhana tentang topik التعريف بالنفس  بالعاملين في المدرسة ؛ المرافق و الأدوات المرسية ؛ الألوان dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar sesuai konteks
Tarkib :


المبتدأ ( ضمائر مفردة) ؛ اشارة مفردة + الخبر (الصفة) و الجهات ؛ الضمائر المفردة المتصلة

b). Kelas VII Semester II
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1  mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional, dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.1  Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan social sekitar rumah dan sekolah.
2.2  Menunjukkan perilaku motivasi internal
( intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3  Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman.
3.     Memahami dan menerapkan pengetahuan (factual, konseptual dan procedural), berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.1  Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan :العنوان : بيتي : من يوميات الأسرة  baik secara lisan maupun tertulis.
3.2  Melafalkan bunyi huruf, kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan : العنوان : بيتي : من يوميات الأسرة  
3.3  Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan :
 يوميات الأسرة  العنوان : بيتي : من
4.     Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
4.1  Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topic : العنوان : بيتي : من يوميات الأسرة  dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2  Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tetang : العنوان  بيتي : من يوميات الأسرة   dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3  Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang : العنوان : بيتي : من يوميات الأسرة  
4.4  Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang : العنوان  بيتي : من يوميات الأسرة  dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat
4.5  Menyusun teks sederhana tentang topic : العنوان : بيتي : من يوميات الأسرة   dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Tarkib
الأرقام 1 – 100 : خبر مقدم ( الجهات , عند , اللام ) +
مبتدأ مؤخر : النعت المفرد : المبتدأ (المفرد/ نحن ) +
الخبر (فعل مضارع)

c). Kelas  VIII Semester I
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.1  Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan social sekitar rumah dan sekolah.
2.2  Menunjukkan perilaku motivasi internal
( intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3  Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman.
3.     Memahami dan menerapkan pengetahuan (factual, konseptual dan procedural), berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.1  Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan الساعة : يومياتنا في المدرسة : يومياتنا في البيت baik secara lisan maupun tertulis.
3.2  Melafalkan bunyi huruf, kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan : الساعة : يومياتنا في المدرسة : يومياتنا في البيت
3.3  Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan : الساعة : يومياتنا في المدرسة : يومياتنا في البيت
4.     Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
4.1  Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik: الساعة : يومياتنا في المدرسة  يومياتنا في البيت dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2  Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang الساعة : يومياتنا في المدرسة  يومياتنا في البيت dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3  Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang : الساعة : يومياتنا في المدرسة : يومياتنا في البيت
4.4  Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang : الساعة : يومياتنا في المدرسة : يومياتنا في البيت dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat
4.5  Menyusun teks sederhana tentang topic: الساعة : يومياتنا في المدرسة : يومياتنا في البيت   dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Tarkib
أسئلة عن الساعة : الجملة الاسمية : الجملة الفعلية والفاعل
المفرد : المفعول به : الجملتان وأنواع الجمع

d). Kelas VIII Semester II
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.1  Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan social sekitar rumah dan sekolah.
2.2  Menunjukkan perilaku motivasi internal
( intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3  Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman.
3.     Memahami dan menerapkan pengetahuan (factual, konseptual dan procedural), berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.1  Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan :المهنة والمهنيون الرياضيون : المهنة الطبية : عيادة المرضى baik secara lisan maupun tertulis.
3.2  Melafalkan bunyi huruf, kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan : المهنة والمهنيون الرياضيون : المهنة الطبية : عيادة المرضى Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan المهنة والمهنيون الرياضيون : المهنة الطبية : عيادة المرضى
4.     Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
4.1  Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik المهنة والمهنيون الرياضيون : المهنة الطبية : عيادة المرضى dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2  Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tetang المهنة والمهنيون الرياضيون : المهنة الطبية : عيادة المرضى dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3  Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang المهنة والمهنيون الرياضيون : المهنة الطبية : عيادة المرضى
4.4  Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang المهنة والمهنيون الرياضيون : المهنة الطبية : عيادة المرضى dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat
4.5  Menyusun teks sederhana tentang topic: المهنة والمهنيون الرياضيون : المهنة الطبية : عيادة المرضى dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Tarkib

(أن – لن – لى) + فعل مضارع : المصدر الصرح : الفعل الماضي والجملة الفعلية

e). Kelas IX Semester 1
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.1  Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan social sekitar rumah dan sekolah.
2.2  Menunjukkan perilaku motivasi internal
( intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3  Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman.
3.     Memahami dan menerapkan pengetahuan (factual, konseptual dan procedural), berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.1  Mengidentifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan :رأس السنة الهجرية : الحفل بمولد الرسل : نزل القرآن والعيدان  baik secara lisan maupun tertulis.
3.2  Melafalkan bunyi huruf, kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan : رأس السنة الهجرية : الحفل بمولد الرسل : نزل القرآن والعيدان
3.3  Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan رأس السنة الهجرية : الحفل بمولد الرسل : نزل القرآن والعيدان
4.     Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
4.1  Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik رأس السنة الهجرية : الحفل بمولد الرسل : نزل القرآن والعيدان dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2  Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tetang رأس السنة الهجرية : الحفل بمولد الرسل : نزل القرآن والعيدان dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3  Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang رأس السنة الهجرية : الحفل بمولد الرسل : نزل القرآن والعيدان Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang رأس السنة الهجرية : الحفل بمولد الرسل : نزل القرآن والعيدان dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat
4.4  Menyusun teks sederhana tentang topic: رأس السنة الهجرية : الحفل بمولد الرسل : نزل القرآن والعيدان dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Tarkib
تصريف الفعل الماضي : كان واسمها وخبرها المفرد : (لا الناهية,
لم) + الفعل المضارع : المجرد والمزيد من الفعل الثلاثي

f). Kelas IX Semester II
Kompetensi Inti
Kompetensi Dasar
1.     Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
1.1  Mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar.
2.     Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin tanggung jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan pergaulan dan keberadaannya.
2.1  Menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan social sekitar rumah dan sekolah.
2.2  Menunjukkan perilaku motivasi internal
( intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3  Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman.
3.     Memahami dan menerapkan pengetahuan (factual, konseptual dan procedural), berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan, teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
3.1  Mengidetifikasi bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan :جمال الطبيعة : خالق العالم : الحفاظ على البيئة baik secara lisan maupun tertulis.
3.2  Melafalkan bunyi huruf, kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan : جمال الطبيعة : خالق العالم : الحفاظ على البيئة
3.3  Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan جمال الطبيعة : خالق العالم : الحفاظ على البيئة
4.     Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis, membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
4.1  Mendemonstrasikan ungkapan sederhana tentang topik جمال الطبيعة : خالق العالم : الحفاظ على البيئة dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2  Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tetang جمال الطبيعة : خالق العالم : الحفاظ على البيئة dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3  Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang جمال الطبيعة : خالق العالم : الحفاظ على البيئة
4.4  Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang جمال الطبيعة : خالق العالم : الحفاظ على البيئة dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat
4.5  Menyusun teks sederhana tentang topic: جمال الطبيعة : خالق العالم : الحفاظ على البيئة dengan memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
Tarkib
فعل الأمر وتصريفه : الموصول (الذي , التي , الذين , اللاتي) : اسم التفضيل

3.     Materi Pokok
Kelas
Ktsp
Kurtilas
VII
المدرسة ؛ التعارف
العنوان ؛ الأسرة ؛ البيت
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة ؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان
VIII
الساعة؛ النشاطات في المدرسة ؛ النشاطات في البيت
المهنة ؛ الهواية
الساعة  ;يومياتنا في المدرسة   ;
يوميّاتنا في البيت ; المهنة;
اللاعبون الرياضيون; المهنة الطبية;
العيادة

IX
المناسبات الدينية
جمال المناظر الطبيعية ؛ خالق العالم ؛ السياحة ؛ الحفاظ على البيئة

رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد الرسول ؛ نزول القرآن والعيدان

4.     Indikator
a). Indikator kelas VII
1). Indikator Pembelajaran Istima’
TUJUAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR  PEMBELAJARAN
Setelah mengamati, menanya,   mencoba, menalar dan menkomunikasikan tentang topik:
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة ؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان
siswa dapat menirukan, memperagakan dan menunjukkan gambar  dengan benar.

3.1.1       Melafalkan bunyi kata, frasa dan tulisan yang diperdengarkan tentang topik:
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة ؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان

3.1.2       Menunjukkan tulisan sesuai bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang topik:           
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة ؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان
3.1.3       Memperagakan  bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang topik
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة ؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان

3.1.4       Menunjukkan gambar sesuai bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang topik
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة ؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان

2). Indikator Pembelajaran Kalam
TUJUAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR  PEMBELAJARAN
Setelah mengamati, menanya, mencoba, menalar dan menginformasikan, siswa dapat mendemonstrasikan ungkapan sederhana, menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan, merespon dan menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana  tentang :
 التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة ؛   المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان

4.1.1    Menirukan contoh ungkapan sederhana yang mengandung kata tanya  dengan jawabannya yang benar.
4.1.2    Melafalkan ungkapan sederhana yang mengandung kata tanya dan jawabannya dengan benar.
4.1.3    Melakukan tanya jawab sesuai contoh ungkapan yang diprogramkan dengan benar.
4.2.1     Menyatakan, menanya dan merespon dengan ungkapan sederhana dengan baik dan benar.
4.2.2     Menyampaikan  informasi lisan      dengan ungkapan sederhana dengan baik dan benar



3). Indikator Pembelajaran Qiroah
    TUJUAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR  PEMBELAJARAN
Setelah mengamati, menanya,   mencoba, menalar dan menkomunikasikan tentang topik: …
siswa dapat membaca teks qira’ah dan menjawab beberapa pertanyaan tentang isi kandungannya dan mampu  mengambil teladan dari kandungan teks qir’ah serta mempraktikkannya dalam kehidupan.
3.2.1      Membaca teks qira’ah tentang
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة ؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان
 dengan makkhraj yang benar serta lancar.
3.3.1      Menerjemahkan teks qira’ah tentang
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة ؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان
3.3.2     Menjawab pertanyaan tentang isi kandungan  teks qira’ah tentang
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة ؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان
dengan baik dan benar
3.3.3      Mengambil teladan/nilai-nilai islamiyyah dari kandungan teks qira’ah serta menerapkannya dalam kehidupan
4). Indikator pembelajaran kitabah
TUJUAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR  PEMBELAJARAN
Setelah mengamati, menanya,   mencoba, menalar dan menkomunikasikan tentang topik:
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة ؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان
siswa dapat melengkapi kalimat dengan ungkapan yang benar  dan menyusun kata-kata acak menjadi kalimat sempurna

4.4.1        Melengkapi kalimat bahasa Arab  dengan kata dan ungkapan yang tepat.
4.4.2        Menyusun kalimat acak   menjadi  suatu paragraf yang benar
4.5.1        Menulis kalimat sederhana tentang materi
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة ؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان
yang mengandung struktur kalimat
المبتدأ (ضمائر مفردة ؛إشارة مفردة)  + الخبر (الصفة والجهات) ؛ الضمائر المفردة المتصلة.

b). Indikator Kelas VIII
TUJUAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR  PEMBELAJARAN
3.1.3 Dengan mengamati, menanya, mengeksplorasi, menalar dan menkomunikasikan tentang topik:
الساعة  ;يومياتنا في المدرسة   ;
يوميّاتنا في البيت ; المهنة;
اللاعبون الرياضيون; المهنة الطبية;
العيادة       
  siswa dapat
 menirukan, memperagakan dan menunjukkan gambar  dengan benar.

3.1.3 Menirukan dan menunjukkan bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang topik          
الساعة  ;يومياتنا في المدرسة   ;
يوميّاتنا في البيت ; المهنة;
اللاعبون الرياضيون; المهنة الطبية;
العيادة       
3.1.4 Memperagakan  tulisan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang topik

الساعة  ;يومياتنا في المدرسة   ;
يوميّاتنا في البيت ; المهنة;
اللاعبون الرياضيون; المهنة الطبية;
العيادة       
3.1.5       Menunjukkan gambar tentang topik

الساعة  ;يومياتنا في المدرسة   ;
يوميّاتنا في البيت ; المهنة;
اللاعبون الرياضيون; المهنة الطبية;
العيادة       



c). Indikator Kelas XI
TUJUAN PEMBELAJARAN
INDIKATOR  PEMBELAJARAN
3.1.3 Dengan mengamati, menanya, mengeksplorasi, menalar dan menkomunikasikan tentang topik:
رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد الرسول ؛ نزول القرآن والعيدان
          siswa dapat menirukan, memperagakan dan menunjukkan gambar  dengan benar.

3.1.3 Menirukan dan menunjukkan bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang topik          
رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد الرسول ؛ نزول القرآن والعيدان
3.1.3  Memperagakan  tulisan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang topik
رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد الرسول ؛ نزول القرآن والعيدان

3.1.3  Menunjukkan gambar tentang topik
رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد الرسول ؛ نزول القرآن والعيدان



C.    Analisis
Setelah mengamati dari contoh Standar Kompetensi, Kompetensi Inti, Kompetensi Dasar, Indikator dan Materi Pokok terdapat berbagai perbedaan dari semuanya yaitu :
1.     Perbedaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Inti
KTSP
Kurikulum 2013
Mengandung empat standar kompetensi, keempat kompetensi tersebut merupakan kemahiran dalam pembelajaran bahasa arab, yakni Mendengar, Berbicara, Membaca, dan Menulis.
Kompetensi inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu bereknaan dengan sikap keagamaan (kompetensi inti 1), sikap sosial (kompetensi 2), pengetahuan (kompetensi 3), dan penerapan pengetahuan atau keterampilan (kompetensi 4).
Setiap mata pelajaran berbeda.
Adanya kesamaan pada KI 1 KI 2 KI 3 dan KI 4.
Berbeda di setiap jenjang kelas
Adanya kesamaan pada setiap jenjang kelas.

Sebetulnya jika kita memahami apa yang dimaksud kompetensi inti ini kita tidak akan menanyakan hal-hal tersebut. Ternyata kompetensi inti ini tidak dapat kita samakan dengan Standar Kompetensi (SK). Jika SK pada KTSP diajarkan kepada siswa, kompetensi inti ini bukan untuk diajarkan, melainkan untuk dibentuk melalui pembelajaran mata pelajaran-mata pelajaran yang relevan. Setiap mata pelajaran harus tunduk pada kompetensi inti yang telah dirumuskan. Dengan kata lain, semua mata pelajaran yang diajarkan dan dipelajari pada kelas tersebut harus berkontribusi terhadap pembentukan kompetensi inti.

2.     Perbedaan Kompetensi Dasar KTSP dan Kurikulum 2013
Pada dasarnya, kompetensi dasar pada KTSP dan kurtilas sama-sama penjabaran, akan tetapi ada yang sifatnya kondisional dan ada yang tidak. Untuk lebih jelasnya, bisa dilihat pada table berikut.



NO
KTSP
KURTILAS
1.
·       Seluruh poin dalam KD ditentukan dan disesuaikan oleh guru
·       Pengetahuan dan keterampilan tidak dapat dipisahkan
·       KD 1 dan II merupakan turunan dari  KI  I dan II,  dan sudah baku, tidak bisa diubah oleh guru
·       guru hanya diberi kebebasan untuk mengutak-atik atau menyesuaikan dengan materi pada KD III dan IV.
·       Pengetahuan dan keterampilan dipisahkan.


KTSP: Seluruh poin dalam KD ditentukan dan disesuaikan oleh guru. Di dalam KTSP, keterampilan dan pengetahuan tidak dapat dipisahkan. Misalkan keterampilan menyimak, menulis, membaca dan berbicara.
Kurtilas : KD 1 dan II merupakan turunan dari  KI  I dan II,  dan sudah baku, tidak bisa diubah oleh guru. Artinya, guru tidak diberi kebebasan untuk mengutak-atik atau merubah poin tersebut, kecuali pada KD III dan IV. Dengan demikian guru hanya diberi kebebasan untuk mengutak-atik atau menyesuaikan dengan materi pada KD III dan IV. Di dalam  kurtilas, keterampilan dan pengetahuan dipisahkan, terdapat pada KD III dan KD IV. Ketika siswa telah memahami pengetahuan, dan ia mampu mengaplikasikannya maka ia telah mencapai keterampilannya.

3.     Perbedaan Indikator KTSP dan Kurikulum 2013
KTSP
Kurikulum 2013
Dituangkan dari  Standar Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD)
Dituangkan dari  Kompetensi Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
Indikator dibuat oleh guru masing-masing karena berbasis pada satuan pendidikan
Indikator sudah ditentukan oleh pusat.

4.     Perbedaan Materi Pokok dalam KTSP dan Kurikulum 2013
KTSP
Kurikulum 2013
Sub materi lebih banyak
Materi lebih sedikit tetapi lebih mendalam dalam segi isi
Keterampilan disajikan secara terpisah (istima, kalam, qiro’ah, kitabah)
Keterampilan disajikan secara berpasangan (istima dengan kalam, dan qiro’ah dengan kitabah)





BAB III
SIMPULAN
Standar kompetensi adalah kemampuan yang dapat dilakukan atau ditampilkan untuk satu mata pelajaran. Kompetensi Inti adalah kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan pendidikan tertentu. Kompetensi dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari kompetensi inti. Indikator adalah karakteristik, ciri-ciri, tanda-tanda, perbuatan, atua respon yang harus dapat dilakukan atau ditampilkan oleh siswa untuk menunjukkan bahwa siswa itu telah memiliki kemampuan dasar atau kompetensi dasar tertentu. Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.

















DAFTAR PUSTAKA
Poerwati, Loeloek E. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pusta Karya.
Mulyasa. 2014. Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosda karya
Susilo, Joko M. 2012. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar



[1] Muhammad Joko Susilo,Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan,Pustaka Pelajar Offset,Yogyakarta,2006,hlmn. 140.
[2] Sofan Amri, Panduan Memahami Kurikulum 2013, Prestasi Pustaka, Jakarta, 2013, hlmn. 151.
[3] Abdul Majid, Implementasi Kurikulum 2013, Interes Media, Bandung, 2014, hlmn 50

[4] Abdul Majid, Implementasi Kurikulum 2013, Interes Media, Bandung, 2014, hlmn 52
[5] Sofan Amri, Panduan Memahami Kurikulum 2013, Prestasi Pustaka, Jakarta, 2013, hlmn. 151.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

pembelajaran muhadatsah