Standar Kompetensi (SK), Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar (KD), Indikator, dan Materi Pokok Madrasah Tsanawiyah
BAB II
PEMBAHASAN
A.
Standar Kompetensi (SK)/Kompetensi Inti (KI) , Kompetensi Dasar
(KD), Indikator dan Materi Pokok
1.
Pengertian Standar Kompetensi
Standar kompetensi adalah kemampuan yang dapat dilakukan atau
ditampilkan untuk satu mata pelajaran. Kompetensi dalam mata pelajaran tertentu
yang harus dimiliki oleh siswa. Kemampuan yag harus dimiliki oleh lulusan dalam
suatu matapelajaran.[1]
Standar kompetensi merupakan kualifikasi kemampuan minimal peserta
didik yang menggambarkan penguasaan pengetahuan, sikap, dan keterampilan yang
diharapkan dicapai pada setiap kelas atau semester pada suatu mata pelajaran.[2]
2.
Pengertian Kompetensi Inti
Kompetensi Inti merupakan terjemahan atau operasionalisasi SKL
dalam bentuk kualitas yang harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan
pendidikan pada satuan pendidikan tertentu atau jenjang pendidikan tertentu
gambaran mengenai kompetensi utama yang dikelompokkan ke dalam aspek sikap, pengetahuan, dan
keterampilan (afektif, kognitif, dan psikomotor) yang harus dipelajari peserta
diidk untuk suatu jenjang sekolah, kelas, dan mata pelajaran. Kompetensi inti
harus menggambarkan kualitas yang seimbang antara pencapaian hard skills dan
soft skills.
Kompetensi inti ini berfungsi sebagia unsur pengorganisasi
(organising element) kompetensi dasar. Sebagai unsur pengorganisasi, Kompetensi
Inti merupakan pengikat untuk organisasi vertikal dan organisasi horizontal
Kompetensi Dasar. Organisasi vertikal Kompetensi Dasar adalah keterkaitan
antara konten Kompetensi Dasar satu kelas atau jenjang pendidikan ke kelas
/jenjang di atasnya sehingga memenui prinsip belajar yaitu terjadi suatu
akumulasi yang berkesinambungan antara konten yang dipelajari siswa. Organisasi
horizontal adalah keterkaitan antara konten kompetensi dasar satu mata
pelajaran dengan konten kompetensi dasar dari mata pelajaran yang berbeda dalam
satu pertemuan mingguan dan kelas yang sama sehingga terjadi proses saling
memperkuat.
Kompetensi inti dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait
yaitu bereknaan dengan sikap keagamaan (kompetensi inti 1), sikap sosial
(kompetensi 2), pengetahuan (kompetensi 3), dan penerapan pengetahuan atau
keterampilan (kompetensi 4). Keempat kelompok itu menjadi acuan dari kompetensi
dasar dan harus dikembangkan dalam setiap peristiwa pembelajaran secara
integratif. Kompetensi yang berkenaan dengan sikap keagamaan dan sosial
dikembangkan secara tidak langsung (indirect teaching) pada waktu peserta didik
be;ajar tentang pengetahuan (kompetensi kelompok 3) dna penerapan pengetahuan
(kompetensi inti kelompok 4).[3]
3.
Pengertian Kompetensi
Dasar
Kompetensi dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk setiap
kelas yang diturunkan dari kompetensi inti. Kompetensi dasar adalah konten atau
komoetensi yang terdiri atas sikap, pengetahuan, dan keterampilan yang
bersumber pada kompetensi inti yang harus dikuasai peserta didik. Kompetensi
tersebut dikembangkan dengan memperhatikan karakteristik peserta didik,
kemampuan awal, serta ciri dari suatu mata pelajaran. Mata pelajaran sebagai
sumber dari konten untuk menguasai kompetensi bersifat terbuka dan tidak selalu
diorganisasikan berdasarkan disiplin ilmu yang sangat berorientasi hanya pada
filosofi esensialisme dan perenialisme. Mata pelajaran dapat dijadikan
organisasi konten yang dikembangkan dari berbagai disiplin ilmu atau non
disiplin ilmu yang diperbolehkan menurut filosofi rekonstruksi sosial,
progresif ataupun humanisme. Karena filososfi yang dianut dalam kurikulum
adalah eklektik seperti dikemukakan dibagian landasan filosofi maka nama mata
pelajaran dan isi mata pelajaran untuk kurikulum yang akan dikembangkan tidak
perlu terikat pada kaedah filosofi esensialisme dan penerialisme.[4]
Kompetensi dasar merupakan kompetensi setiap mata pelajaran untuk
setiap kelas yang diturunkan dari kompetensi inti. Kompetensi dasar adalah
kemampuan minimal dalam mata pelajaran yang harus dimiliki oleh lulusan.
Kemampuan minimum yang harus dapat dilakukan atau ditampilkan oleh siswa untuk
standar kompetensi tertentu dari suatu mata pelajaran.
Kompetensi dasar bisa diartikan juga sebagai sejumlah kemampuan
yang harus dikuasai peserta didik dalam mata pelajaran tertentu sebagai rujukan
penyusunan indikator kompetensi dalam suatu pelajaran.[5]
4.
Pengertian Indikator
Indikator adalah karakteristik, ciri-ciri, tanda-tanda, perbuatan,
atua respon yang harus dapat dilakukan atau ditampilkan oleh siswa untuk
menunjukkan bahwa siswa itu telah memiliki kemampuan dasar atau kompetensi
dasar tertentu. Sedangkan indikator bisa diartikan perilaku yang dapat diukur
atau diobservasi untuk menunjukkan ketercapaian kompetensi dasar tertentu yang
menjadi acuan penilaian mata pelajaran.
5.
Pengertian Materi Pokok
Materi ajar memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang
relevan, dan ditulis dalam bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator
pencapaian kompetensi.
B.
Standar Kompetensi (SK)/Kompetensi Inti (KI), Kompetensi Dasar
(KD), Indikator, Materi Pokok Kelas VII, VIII, IX menurut Permenag No 2 Tahun
2008 Dan Permenag 912 Tahun 2013
1.
Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar
a). Kelas VII Semester I
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Menyimak
Memahami informasi lisan melalui
kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang
perkenalan dan lingkungan madrasah.
|
1.1 Mengidentifikasi
bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang : المدرسة ؛ التعارف
1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang : المدرسة ؛ التعارف
1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana
tentang : المدرسة ؛ التعارف
|
2.
Berbicara
Mengungkapkan pikiran perasaan,
dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang
perkenalan dan lingkungan madrasah.
|
2.1Melakukan
dialog sederhana tentang : المدرسة ؛ التعارف
2.2
Menyampaikan informasi secara lisan dalam
kalimat sederhana tentang : المدرسة ؛ التعارف
|
3.
Membaca
Memahami wacana tertulis dalam
bentuk paparan atau dialog sederhana tentang perkenalan dan lingkungan
madrasah.
|
3.1Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana
tertulis dengan baik dan benar tentang : المدرسة ؛ التعارف
3.2
Mengidentifikasi kata, frase, dan kalimat
wacana tertulisa sederhana tentang : المدرسة ؛ التعارف
3.3
Menemukan makna, gagasan, atau pikiran dari wacana tertulis
sederhana tentang : المدرسة ؛ التعارف
|
4.
Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan,
pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang tentang perkenalan
dan lingkungan madrasah..
|
4.1 Menulis kata, frase, dan kalimat sederhana tentang : المدرسة ؛ التعارف
|
|
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat :
(
خبر + مبتدأ ), dengan مبتدأ yang meliputi :
(مفرد
إشارة مفرد ، ضمير) dan خبر yang meliputi kata sifat,
termasuk warna dan ادوات جرّ
|
b). Kelas VII semester II
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Menyimak
Memahami informasi lisan melalui
kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang
lingkungan rumah, keluarga dan alamat tempat tinggal.
|
1.1 Mengidentifikasi
bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang : العنوان ؛ الأسرة ؛ البيت
1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang : العنوان ؛ الأسرة ؛ البيت
1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana
tentang : العنوان ؛ الأسرة ؛ البيت
|
2.
Berbicara
Mengungkapkan pikiran perasaan,
dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana
tentang lingkungan rumah, keluarga dan alamat tempat tinggal.
|
2.1Melakukan
dialog sederhana tentang : العنوان ؛ الأسرة ؛ البيت
2.2Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang : العنوان ؛ الأسرة ؛ البيت
|
3.
Membaca
Memahami wacana tertulis dalam
bentuk paparan atau dialog sederhana tentang lingkungan rumah, keluarga dan
alamat tempat tinggal.
|
3.1Melafalkan huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana
tertulis dengan baik dan benar tentang : العنوان ؛ الأسرة ؛ البيت
3.2 Mengidentifikasi kata, frase, dan kalimat wacana tertulis sederhana
tentang : العنوان ؛ الأسرة ؛ البيت
3.3 Menemukan
makna, gagasan, atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang : العنوان ؛ الأسرة ؛ البيت
|
4.
Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan,
pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang lingkungan rumah,
keluarga dan alamat tempat tinggal.
|
4.1 Menulis kata, frase, dan kalimat sederhana tentang : العنوان ؛ الأسرة ؛ البيت
4.2 Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat
sederhana tentang : العنوان ؛ الأسرة ؛ البيت
|
|
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat :
نعت ؛ مبتدأ مؤخّر ؛ خبر مقدّم ؛ عدد (رقم) :
1-100 ؛ خبر (فعل مضارع للمفرد
|
c). Kelas VIII semester I
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Menyimak
Memahami informasi lisan melalui
kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang
jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah.
|
1.1 Mengidentifikasi
bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang : الساعة؛ النشاطات في المدرسة ؛ النشاطات في
البيت
1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang : الساعة؛ النشاطات في المدرسة ؛ النشاطات في
البيت
1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana
tentang : الساعة؛ النشاطات في المدرسة ؛ النشاطات في البيت
|
2.
Berbicara
Mengungkapkan pikiran perasaan,
dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang
jam/pukul berapa, kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah.
|
2.1 Melakukan
dialog sederhana tentang : الساعة؛ النشاطات في المدرسة ؛ النشاطات في
البيت
2.2 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang : الساعة؛ النشاطات في المدرسة ؛ النشاطات في
البيت
|
3.
Membaca
Memahami wacana tertulis dalam
bentuk paparan atau dialog sederhana tentang jam/pukul berapa, kegiatan di
madrasah dan kegiatan di rumah.
|
3.1 Melafalkan
huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan
benar tentang : الساعة؛ النشاطات في المدرسة ؛ النشاطات في البيت
3.2 Mengidentifikasi kata, frase, dan kalimat wacana tertulisa sederhana
tentang : الساعة؛ النشاطات في المدرسة ؛ النشاطات في البيت
3.3 Menemukan
makna, gagasan, atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang : الساعة؛ النشاطات في المدرسة ؛ النشاطات في
البيت
|
4.
Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan,
pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang jam/pukul berapa,
kegiatan di madrasah dan kegiatan di rumah.
|
4.1 Menulis kata, frase, dan kalimat sederhana tentang : الساعة؛ النشاطات في المدرسة ؛ النشاطات في
البيت
|
|
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat :
جملة اسمية ؛ جملة فعلية ؛ مفعول به
|
d). Kelas VIII semester II
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Menyimak
Memahami informasi lisan melalui
kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang hobi
dan profesi.
|
1.1 Mengidentifikasi
bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang : المهنة ؛ الهواية
1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang : المهنة ؛ الهواية
1.3 Melakukan dialog sederhana tentang : المهنة ؛ الهواية
1.4 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang : المهنة ؛ الهواية
|
2.
Membaca
Memahami wacana tertulis dalam
bentuk paparan atau dialog sederhana tentang hobi dan profesi.
|
2.1 Melafalkan
huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan benar
tentang : المهنة ؛ الهواية
2.2 Mengidentifikasi kata, frase, dan kalimat wacana tertulisa sederhana
tentang : المهنة ؛ الهواية
2.3 Menemukan
makna, gagasan, atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang : المهنة ؛ الهواية
|
3.
Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan,
pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang hobi dan profesi.
|
3.1
Menulis
kata, frase, dan kalimat sederhana tentang : المهنة ؛ الهواية
3.2
Mengungkapkan informasi dan gagasan
secara tertulis dalam kalimat sederhana tentang : المهنة ؛ الهواية
|
|
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat :
فعل مضارع + (لِ ، لَنْ ، أَنْ )
فعل مضارع + مصدر مؤول
|
e). Kelas IX Semester I
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Menyimak
Memahami informasi lisan melalui
kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang
upacara-upacara keagamaan.
|
1.1 Mengidentifikasi
bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang : المناسبات الدينية
1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang : المناسبات الدينية
1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana
tentang : المناسبات الدينية
|
2.
Berbicara
Mengungkapkan pikiran perasaan,
dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana
tentang upacara-upacara keagamaan.
|
2.1 Melakukan
dialog sederhana tentang : المناسبات الدينية
2.2 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang :
المناسبات الدينية
|
3.
Membaca
Memahami wacana tertulis dalam
bentuk paparan atau dialog sederhana tentang upacara-upacara keagamaan.
|
3.1 Melafalkan
huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan
benar tentang : المناسبات الدينية
3.2 Mengidentifikasi kata, frase, dan kalimat wacana tertulisa sederhana
tentang : المناسبات الدينية
3.3 Menemukan
makna, gagasan, atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang : المناسبات الدينية
|
4.
Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan,
pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang upacara-upacara
keagamaan.
|
4.1 Menulis kata, frase, dan kalimat sederhana tentang : المناسبات الدينية
4.2 Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat
sederhana tentang : المناسبات الدينية
|
|
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat :
الفعل الماضى فى الجملة الفعلية ؛ لم ؛ لا
الناهية
|
f). Kelas IX Semester II
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Menyimak
Memahami informasi lisan melalui
kegiatan mendengarkan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana tentang berwisata.
|
1.1 Mengidentifikasi
bunyi huruf hijaiyah dan ujaran (kata, frase atau kalimat) tentang : جمال المناظر الطبيعية ؛ خالق العالم ؛
السياحة ؛ الحفاظ على البيئة
1.2 Menemukan informasi dari wacana lisan sederhana tentang : جمال المناظر الطبيعية ؛ خالق العالم ؛
السياحة ؛ الحفاظ على البيئة
1.3 Merespon gagasan yang terdapat pada wacana lisan atau dialog sederhana
tentang : جمال المناظر الطبيعية ؛ خالق العالم ؛ السياحة ؛
الحفاظ على البيئة
|
2.
Berbicara
Mengungkapkan pikiran perasaan,
dan pengalaman secara lisan dalam bentuk paparan atau dialog sederhana
tentang berwisata.
|
2.1 Melakukan
dialog sederhana tentang : جمال المناظر الطبيعية ؛ خالق العالم ؛
السياحة ؛ الحفاظ على البيئة
2.2 Menyampaikan informasi secara lisan dalam kalimat sederhana tentang : جمال المناظر الطبيعية ؛ خالق العالم ؛ السياحة
؛ الحفاظ على البيئة
|
3.
Membaca
Memahami wacana tertulis dalam
bentuk paparan atau dialog sederhana tentang berwisata.
|
3.1 Melafalkan
huruf hijaiyah, kata, frase, kalimat dan wacana tertulis dengan baik dan
benar tentang : جمال المناظر الطبيعية ؛ خالق العالم ؛ السياحة ؛
الحفاظ على البيئة
3.2 Mengidentifikasi kata, frase, dan kalimat wacana tertulisa sederhana
tentang : جمال المناظر الطبيعية ؛ خالق العالم ؛ السياحة ؛
الحفاظ على البيئة
3.3 Menemukan
makna, gagasan, atau pikiran dari wacana tertulis sederhana tentang : جمال المناظر الطبيعية ؛ خالق العالم ؛
السياحة ؛ الحفاظ على البيئة
|
4.
Menulis
Mengungkapkan pikiran, perasaan,
pengalaman dan informasi melalui kegiatan menulis tentang berwisata.
|
4.1 Menulis kata, frase, dan kalimat sederhana tentang : جمال المناظر الطبيعية ؛ خالق العالم ؛
السياحة ؛ الحفاظ على البيئة
4.2 Mengungkapkan informasi dan gagasan secara tertulis dalam kalimat
sederhana tentang : جمال المناظر الطبيعية ؛ خالق العالم ؛ السياحة ؛
الحفاظ على البيئة
|
|
Tema-tema tersebut menggunakan struktur kalimat :
الموصول ؛ اسم التفضيل ؛ فعل الأمر ؛
المجرّد و المزيد
|
2.
Kompetensi Inti dan Kompetensi dasar
a). Kelas VII semester I
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi Dasar
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1
mensyukuri kesempatan dapat mempelajari bahasa arab sebagai
bahasa pengantar komunikasi internasional, dan bahasa pengantar khazanah
keislaman yang diwujudkan dalam semangat belajar.
|
2.
Menghargai dan mengahayati perilaku jujur, disiplin, tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong) santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efekti dengan lingkungan sosial dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
|
2.1
menunjukkan perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi
dengan ligkungan sosial sekitar rumah dan sekolah.
2.2
Menunjukkan perilaku motivasi internal (intrinsik) untuk
pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3
Menunjukkan sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa
arab sebagai bahasa komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji
khazanah keislaman.
|
3.
Memahami dan menerpkan pengetahuan (faktual, konseptual dan
prosedural) berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkai fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.1 mengidentifikasi
bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa arab yang berkaitan dengan : التعريف بالنفس بالعاملين في المدرسة ؛ المرافق و الأدوات
المرسية ؛ الألوان
baik
secara lisan maupun tertulis.
3.2 Melafalkan by-unyi huruf, kata, frasa, dan kalimat Bahasa arab yang
berkaitan dengan التعريف بالنفس
بالعاملين في المدرسة ؛ المرافق و الأدوات المرسية ؛ الألوان
3.3 Menemukan makna atau gagasan dai ujaran kata, frasa, dan kalimat
Bahasa arab yang berkaitan dengan التعريف بالنفس بالعاملين في المدرسة ؛ المرافق و الأدوات
المرسية ؛ الألوان
|
4. Mengolah,
menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan, mengurai, merangkai
memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis mmebaca, menghitung,
menggambar dan menarang) sesuai dengan yang dipelajari disekolah dan sumber
lain yang sama dalam sudut pandang/teori.
|
4.1 mendemonstrasikan
ungkapan sederhana tentang topik التعريف بالنفس بالعاملين في المدرسة ؛ المرافق و الأدوات
المرسية ؛ الألوان dengan memperhatikan struktur teks, dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2 menunjukkan
contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan merespon tentang التعريف بالنفس بالعاملين في المدرسة ؛ المرافق و الأدوات
المرسية ؛ الألوان dengan memperhatikan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks.
4.3 Menyampaikan berbagai informasi lisan sedernaha tentang التعريف بالنفس بالعاملين في المدرسة ؛ المرافق و الأدوات
المرسية ؛ الألوان
4.4 Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang التعريف بالنفس بالعاملين في المدرسة ؛ المرافق و الأدوات
المرسية ؛ الألوان dalam berbagai struktur Bahasa sederhana secra
tepat.
4.5 Menyusun
teks sederhana tentang topik التعريف بالنفس بالعاملين في المدرسة ؛ المرافق و الأدوات
المرسية ؛ الألوان dengan memperhatikan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar sesuai konteks
|
Tarkib :
|
المبتدأ ( ضمائر مفردة) ؛ اشارة مفردة +
الخبر (الصفة) و الجهات ؛ الضمائر المفردة المتصلة
|
b). Kelas
VII Semester II
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional, dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
|
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan social
sekitar rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan
perilaku motivasi internal
(
intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman.
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (factual, konseptual dan
procedural), berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.1 Mengidentifikasi
bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan :العنوان : بيتي : من يوميات الأسرة baik secara lisan maupun tertulis.
3.2 Melafalkan bunyi huruf, kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang
berkaitan dengan : العنوان : بيتي : من يوميات الأسرة
3.3 Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa dan kalimat
bahasa Arab yang berkaitan dengan :
يوميات الأسرة العنوان : بيتي : من
|
4.
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
|
4.1 Mendemonstrasikan
ungkapan sederhana tentang topic : العنوان : بيتي : من يوميات الأسرة dengan memperhatikan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2 Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan
merespon tetang : العنوان بيتي
: من يوميات الأسرة dengan memperhatikan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3 Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang : العنوان : بيتي : من يوميات الأسرة
4.4 Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang : العنوان بيتي : من يوميات الأسرة dalam berbagai struktur bahasa sederhana
secara tepat
4.5 Menyusun teks sederhana tentang topic : العنوان : بيتي : من يوميات الأسرة dengan memperhatikan struktur teks dan unsur
kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Tarkib
|
الأرقام 1 – 100 : خبر مقدم ( الجهات , عند
, اللام ) +
مبتدأ مؤخر : النعت المفرد : المبتدأ
(المفرد/ نحن ) +
الخبر (فعل مضارع)
|
c). Kelas VIII Semester I
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
|
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan social
sekitar rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan
perilaku motivasi internal
(
intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman.
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (factual, konseptual dan
procedural), berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.1 Mengidentifikasi
bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan الساعة : يومياتنا في المدرسة : يومياتنا
في البيت
baik
secara lisan maupun tertulis.
3.2 Melafalkan bunyi huruf, kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang
berkaitan dengan : الساعة : يومياتنا في المدرسة : يومياتنا في البيت
3.3 Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa dan kalimat
bahasa Arab yang berkaitan dengan : الساعة : يومياتنا في المدرسة : يومياتنا
في البيت
|
4.
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
|
4.1 Mendemonstrasikan
ungkapan sederhana tentang topik:
الساعة : يومياتنا في المدرسة يومياتنا
في البيت
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
4.2 Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan
merespon tentang
الساعة : يومياتنا في المدرسة يومياتنا
في البيت
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
4.3 Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang :
الساعة : يومياتنا في المدرسة : يومياتنا في البيت
4.4 Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang : الساعة : يومياتنا في المدرسة : يومياتنا
في البيت
dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat
4.5 Menyusun teks sederhana tentang topic: الساعة :
يومياتنا في المدرسة : يومياتنا في البيت dengan memperhatikan struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Tarkib
|
أسئلة عن الساعة : الجملة الاسمية : الجملة
الفعلية والفاعل
المفرد : المفعول به : الجملتان وأنواع
الجمع
|
d). Kelas
VIII Semester II
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
|
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan social
sekitar rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan
perilaku motivasi internal
(
intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman.
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (factual, konseptual dan
procedural), berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.1 Mengidentifikasi
bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan :المهنة والمهنيون الرياضيون : المهنة
الطبية : عيادة المرضى
baik
secara lisan maupun tertulis.
3.2 Melafalkan bunyi huruf, kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang
berkaitan dengan : المهنة والمهنيون الرياضيون : المهنة الطبية : عيادة
المرضى
Menemukan
makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang
berkaitan dengan المهنة والمهنيون الرياضيون : المهنة الطبية : عيادة
المرضى
|
4.
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
|
4.1 Mendemonstrasikan
ungkapan sederhana tentang topik
المهنة والمهنيون الرياضيون : المهنة الطبية : عيادة المرضى dengan memperhatikan struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2 Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan
merespon tetang
المهنة والمهنيون الرياضيون : المهنة الطبية : عيادة المرضى dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
4.3 Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang المهنة والمهنيون الرياضيون : المهنة
الطبية : عيادة المرضى
4.4 Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang المهنة والمهنيون الرياضيون : المهنة
الطبية : عيادة المرضى
dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat
4.5 Menyusun teks sederhana tentang topic: المهنة
والمهنيون الرياضيون : المهنة الطبية : عيادة المرضى dengan memperhatikan struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Tarkib
|
(أن – لن – لى) + فعل مضارع : المصدر الصرح
: الفعل الماضي والجملة الفعلية
|
e). Kelas
IX Semester 1
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
|
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan social
sekitar rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan
perilaku motivasi internal
(
intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman.
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (factual, konseptual dan
procedural), berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.1 Mengidentifikasi
bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan :رأس السنة الهجرية : الحفل بمولد الرسل :
نزل القرآن والعيدان baik secara lisan maupun tertulis.
3.2 Melafalkan bunyi huruf, kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang
berkaitan dengan : رأس السنة الهجرية : الحفل بمولد الرسل : نزل القرآن
والعيدان
3.3 Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa dan kalimat
bahasa Arab yang berkaitan dengan رأس السنة الهجرية : الحفل بمولد الرسل :
نزل القرآن والعيدان
|
4.
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
|
4.1 Mendemonstrasikan
ungkapan sederhana tentang topik
رأس السنة الهجرية : الحفل بمولد الرسل : نزل القرآن والعيدان dengan memperhatikan struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2 Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan
merespon tetang رأس السنة الهجرية : الحفل بمولد الرسل :
نزل القرآن والعيدان
dengan
memperhatikan struktur teks dan unsur kebahasaan yang benar dan sesuai
konteks
4.3 Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang رأس السنة الهجرية : الحفل بمولد الرسل :
نزل القرآن والعيدان
Mengungkapkan
informasi secara tertulis tentang رأس السنة الهجرية : الحفل بمولد الرسل :
نزل القرآن والعيدان
dalam
berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat
4.4 Menyusun teks sederhana tentang topic: رأس السنة
الهجرية : الحفل بمولد الرسل : نزل القرآن والعيدان dengan memperhatikan struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Tarkib
|
تصريف الفعل الماضي : كان واسمها وخبرها
المفرد : (لا الناهية,
لم) + الفعل المضارع : المجرد والمزيد من
الفعل الثلاثي
|
f). Kelas
IX Semester II
Kompetensi
Inti
|
Kompetensi
Dasar
|
1.
Menghargai dan menghayati ajaran agama yang dianutnya
|
1.1 Mensyukuri
kesempatan dapat mempelajari bahasa Arab sebagai bahasa pengantar komunikasi
internasional dan bahasa pengantar khazanah keislaman yang diwujudkan dalam
semangat belajar.
|
2.
Menghargai dan menghayati perilaku jujur, disiplin tanggung
jawab, peduli (toleransi, gotong royong), santun, percaya diri dalam
berinteraksi secara efektif dengan lingkungan social dan alam dalam jangkauan
pergaulan dan keberadaannya.
|
2.1 Menunjukkan
perilaku jujur dan percaya diri dalam berkomunikasi dengan lingkungan social
sekitar rumah dan sekolah.
2.2 Menunjukkan
perilaku motivasi internal
(
intrinsik) untuk pengembangan kemampuan berbahasa.
2.3 Menunjukkan
sikap bertanggung jawab dalam mempraktikkan bahasa Arab sebagai bahasa
komunikasi internasional dan pengantar dalam mengkaji khazanah keislaman.
|
3.
Memahami dan menerapkan pengetahuan (factual, konseptual dan
procedural), berdasarkan rasa ingin tahunya tentang ilmu pengetahuan,
teknologi, seni budaya terkait fenomena dan kejadian tampak mata.
|
3.1 Mengidetifikasi
bunyi kata, frasa, dan kalimat bahasa Arab yang berkaitan dengan :جمال الطبيعة : خالق العالم : الحفاظ على
البيئة
baik
secara lisan maupun tertulis.
3.2 Melafalkan bunyi huruf, kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang
berkaitan dengan : جمال الطبيعة : خالق العالم : الحفاظ على البيئة
3.3 Menemukan makna atau gagasan dari ujaran kata, frasa dan kalimat
bahasa Arab yang berkaitan dengan جمال الطبيعة : خالق العالم : الحفاظ على
البيئة
|
4.
Mengolah, menyaji dan menalar dalam ranah konkret (menggunakan,
mengurai, merangkai, memodifikasi dan membuat) dan ranah abstrak (menulis,
membaca, menghitung, menggambar, dan mengarang) sesuai dengan yang dipelajari
di sekolah dan sumber lain yang semua dalam sudut pandang/teori.
|
4.1 Mendemonstrasikan
ungkapan sederhana tentang topik
جمال الطبيعة : خالق العالم : الحفاظ على البيئة dengan memperhatikan struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.2 Menunjukkan contoh ungkapan sederhana untuk menyatakan, menanyakan dan
merespon tetang
جمال الطبيعة : خالق العالم : الحفاظ على البيئة dengan memperhatikan struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
4.3 Menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang جمال الطبيعة : خالق العالم : الحفاظ على
البيئة
4.4 Mengungkapkan informasi secara tertulis tentang جمال الطبيعة : خالق العالم : الحفاظ على
البيئة
dalam berbagai struktur bahasa sederhana secara tepat
4.5 Menyusun teks sederhana tentang topic: جمال
الطبيعة : خالق العالم : الحفاظ على البيئة dengan memperhatikan struktur teks dan
unsur kebahasaan yang benar dan sesuai konteks
|
Tarkib
|
فعل الأمر وتصريفه : الموصول (الذي , التي
, الذين , اللاتي) : اسم التفضيل
|
3.
Materi Pokok
Kelas
|
Ktsp
|
Kurtilas
|
VII
|
المدرسة ؛ التعارف
العنوان ؛ الأسرة ؛ البيت
|
التعريف
بالنفس وبالعاملين في المدرسة ؛ المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان
|
VIII
|
الساعة؛ النشاطات في المدرسة ؛ النشاطات في البيت
المهنة ؛ الهواية
|
الساعة ;يومياتنا في المدرسة ;
يوميّاتنا في البيت ; المهنة;
اللاعبون الرياضيون; المهنة الطبية;
العيادة
|
IX
|
المناسبات الدينية
جمال المناظر الطبيعية ؛ خالق العالم ؛ السياحة ؛
الحفاظ على البيئة
|
رأس
السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد الرسول ؛ نزول القرآن والعيدان
|
4.
Indikator
a).
Indikator kelas VII
1).
Indikator Pembelajaran Istima’
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR PEMBELAJARAN
|
Setelah mengamati, menanya, mencoba, menalar dan menkomunikasikan
tentang topik:
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة ؛
المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان
siswa
dapat menirukan, memperagakan dan menunjukkan gambar dengan benar.
|
3.1.1 Melafalkan bunyi kata, frasa dan tulisan yang
diperdengarkan tentang topik:
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة ؛
المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان
3.1.2 Menunjukkan tulisan sesuai bunyi kata, frasa dan
kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan tentang topik:
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة ؛
المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان
3.1.3 Memperagakan
bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang
diperdengarkan tentang topik
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة ؛
المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان
3.1.4 Menunjukkan
gambar sesuai bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab
yang diperdengarkan tentang topik
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة ؛
المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان
|
2). Indikator Pembelajaran Kalam
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR PEMBELAJARAN
|
Setelah
mengamati, menanya, mencoba, menalar dan menginformasikan, siswa dapat mendemonstrasikan ungkapan sederhana, menunjukkan contoh ungkapan
sederhana untuk menyatakan, menanyakan, merespon dan menyampaikan berbagai informasi lisan sederhana tentang :
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة ؛ المرافق والأدوات المدرسية؛
الألوان
|
4.1.1
Menirukan
contoh ungkapan sederhana yang mengandung kata tanya dengan jawabannya yang benar.
4.1.2
Melafalkan
ungkapan sederhana yang mengandung kata tanya dan jawabannya dengan benar.
4.1.3
Melakukan
tanya jawab sesuai contoh ungkapan yang diprogramkan dengan benar.
4.2.1
Menyatakan, menanya dan merespon dengan ungkapan sederhana dengan baik
dan benar.
4.2.2 Menyampaikan informasi lisan dengan ungkapan sederhana dengan baik
dan benar
|
3). Indikator Pembelajaran Qiroah
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR PEMBELAJARAN
|
Setelah mengamati,
menanya, mencoba, menalar dan
menkomunikasikan tentang topik: …
siswa dapat membaca teks
qira’ah dan menjawab beberapa pertanyaan tentang isi kandungannya dan
mampu mengambil teladan dari kandungan
teks qir’ah serta mempraktikkannya dalam kehidupan.
|
3.2.1 Membaca teks qira’ah tentang
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة ؛
المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان
dengan makkhraj
yang benar serta lancar.
3.3.1 Menerjemahkan teks qira’ah tentang
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة ؛
المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان
3.3.2 Menjawab pertanyaan tentang isi kandungan teks qira’ah tentang
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة ؛
المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان
dengan baik dan benar
3.3.3
Mengambil
teladan/nilai-nilai islamiyyah dari kandungan teks qira’ah serta menerapkannya dalam kehidupan
|
4). Indikator pembelajaran kitabah
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR PEMBELAJARAN
|
Setelah mengamati, menanya, mencoba, menalar dan menkomunikasikan
tentang topik:
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة ؛
المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان
siswa dapat melengkapi kalimat dengan
ungkapan yang benar dan menyusun
kata-kata acak menjadi kalimat sempurna
|
4.4.1
Melengkapi kalimat
bahasa Arab dengan kata dan ungkapan
yang tepat.
4.4.2
Menyusun kalimat
acak menjadi suatu paragraf yang benar
4.5.1
Menulis kalimat
sederhana tentang materi
التعريف بالنفس وبالعاملين في المدرسة ؛
المرافق والأدوات المدرسية؛ الألوان
yang mengandung struktur
kalimat
المبتدأ (ضمائر مفردة
؛إشارة مفردة) + الخبر
(الصفة والجهات) ؛ الضمائر المفردة المتصلة.
|
b). Indikator Kelas VIII
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR PEMBELAJARAN
|
3.1.3 Dengan mengamati,
menanya, mengeksplorasi, menalar dan menkomunikasikan tentang topik:
الساعة ;يومياتنا في
المدرسة ;
يوميّاتنا في البيت ; المهنة;
اللاعبون
الرياضيون; المهنة الطبية;
العيادة
siswa dapat
menirukan, memperagakan dan menunjukkan
gambar dengan benar.
|
3.1.3 Menirukan dan
menunjukkan bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
tentang topik
الساعة ;يومياتنا في
المدرسة ;
يوميّاتنا في البيت ; المهنة;
اللاعبون الرياضيون;
المهنة الطبية;
العيادة
3.1.4 Memperagakan tulisan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang
diperdengarkan tentang topik
الساعة ;يومياتنا في
المدرسة ;
يوميّاتنا في البيت ; المهنة;
اللاعبون الرياضيون;
المهنة الطبية;
العيادة
3.1.5 Menunjukkan
gambar tentang topik
الساعة ;يومياتنا في
المدرسة ;
يوميّاتنا في البيت ; المهنة;
اللاعبون الرياضيون;
المهنة الطبية;
العيادة
|
c). Indikator Kelas XI
TUJUAN PEMBELAJARAN
|
INDIKATOR PEMBELAJARAN
|
3.1.3 Dengan mengamati, menanya,
mengeksplorasi, menalar dan menkomunikasikan tentang topik:
رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد الرسول
؛ نزول القرآن والعيدان
siswa dapat menirukan, memperagakan dan menunjukkan
gambar dengan benar.
|
3.1.3 Menirukan dan
menunjukkan bunyi kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang diperdengarkan
tentang topik
رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد الرسول
؛ نزول القرآن والعيدان
3.1.3 Memperagakan tulisan kata, frasa dan kalimat bahasa Arab yang
diperdengarkan tentang topik
رأس السنة الهجرية
؛ الحفل بمولد الرسول ؛ نزول القرآن والعيدان
3.1.3 Menunjukkan
gambar tentang topik
رأس السنة الهجرية ؛ الحفل بمولد الرسول
؛ نزول القرآن والعيدان
|
C.
Analisis
Setelah mengamati dari contoh Standar Kompetensi, Kompetensi Inti,
Kompetensi Dasar, Indikator dan Materi Pokok terdapat berbagai perbedaan dari
semuanya yaitu :
1.
Perbedaan Standar Kompetensi dan Kompetensi Inti
KTSP
|
Kurikulum 2013
|
Mengandung
empat standar kompetensi, keempat kompetensi tersebut merupakan
kemahiran dalam pembelajaran bahasa arab, yakni Mendengar, Berbicara,
Membaca, dan Menulis.
|
Kompetensi inti
dirancang dalam empat kelompok yang saling terkait yaitu bereknaan dengan
sikap keagamaan (kompetensi inti 1), sikap sosial (kompetensi 2),
pengetahuan (kompetensi 3), dan penerapan pengetahuan atau keterampilan
(kompetensi 4).
|
Setiap mata pelajaran berbeda.
|
Adanya kesamaan pada KI 1 KI 2 KI 3 dan KI 4.
|
Berbeda di setiap jenjang kelas
|
Adanya kesamaan pada setiap jenjang kelas.
|
Sebetulnya jika kita memahami apa yang dimaksud kompetensi inti ini
kita tidak akan menanyakan hal-hal tersebut. Ternyata kompetensi inti ini tidak
dapat kita samakan dengan Standar Kompetensi (SK). Jika SK pada KTSP diajarkan
kepada siswa, kompetensi inti ini bukan untuk diajarkan, melainkan untuk
dibentuk melalui pembelajaran mata pelajaran-mata pelajaran yang relevan.
Setiap mata pelajaran harus tunduk pada kompetensi inti yang telah dirumuskan.
Dengan kata lain, semua mata pelajaran yang diajarkan dan dipelajari pada kelas
tersebut harus berkontribusi terhadap pembentukan kompetensi inti.
2.
Perbedaan Kompetensi Dasar KTSP dan Kurikulum 2013
Pada dasarnya,
kompetensi dasar pada KTSP dan kurtilas sama-sama penjabaran, akan tetapi ada
yang sifatnya kondisional dan ada yang tidak. Untuk lebih jelasnya, bisa
dilihat pada table berikut.
NO
|
KTSP
|
KURTILAS
|
1.
|
·
Seluruh poin dalam KD ditentukan dan
disesuaikan oleh guru
·
Pengetahuan dan keterampilan tidak dapat dipisahkan
|
·
KD 1 dan II merupakan turunan dari KI I
dan II, dan sudah baku, tidak bisa
diubah oleh guru
·
guru hanya diberi kebebasan untuk
mengutak-atik atau menyesuaikan dengan materi pada KD III dan IV.
·
Pengetahuan dan keterampilan dipisahkan.
|
KTSP: Seluruh poin dalam KD ditentukan dan disesuaikan oleh guru. Di dalam KTSP, keterampilan dan pengetahuan tidak dapat
dipisahkan. Misalkan keterampilan menyimak, menulis, membaca dan berbicara.
Kurtilas : KD 1 dan II merupakan turunan dari KI I
dan II, dan sudah baku, tidak bisa
diubah oleh guru. Artinya, guru tidak diberi kebebasan untuk mengutak-atik atau
merubah poin tersebut, kecuali pada KD III dan IV. Dengan demikian guru hanya
diberi kebebasan untuk mengutak-atik atau menyesuaikan dengan materi pada KD
III dan IV. Di dalam kurtilas, keterampilan dan pengetahuan
dipisahkan, terdapat pada KD III dan KD IV. Ketika siswa telah memahami
pengetahuan, dan ia mampu mengaplikasikannya maka ia telah mencapai
keterampilannya.
3.
Perbedaan Indikator KTSP dan Kurikulum 2013
KTSP
|
Kurikulum 2013
|
Dituangkan dari Standar
Kompetensi (SK) dan Kompetensi Dasar (KD)
|
Dituangkan dari Kompetensi
Inti (KI) dan Kompetensi Dasar (KD)
|
Indikator dibuat oleh guru masing-masing karena berbasis pada
satuan pendidikan
|
Indikator sudah ditentukan oleh pusat.
|
4.
Perbedaan Materi Pokok dalam KTSP dan Kurikulum 2013
KTSP
|
Kurikulum 2013
|
Sub materi lebih banyak
|
Materi lebih sedikit tetapi lebih mendalam dalam segi isi
|
Keterampilan disajikan secara terpisah (istima, kalam, qiro’ah,
kitabah)
|
Keterampilan disajikan secara berpasangan (istima dengan kalam,
dan qiro’ah dengan kitabah)
|
BAB III
SIMPULAN
Standar kompetensi adalah kemampuan yang dapat dilakukan atau
ditampilkan untuk satu mata pelajaran. Kompetensi Inti adalah kualitas yang
harus dimiliki mereka yang telah menyelesaikan pendidikan pada satuan
pendidikan tertentu. Kompetensi dasar merupakan kompetensi setiap mata
pelajaran untuk setiap kelas yang diturunkan dari kompetensi inti. Indikator
adalah karakteristik, ciri-ciri, tanda-tanda, perbuatan, atua respon yang harus
dapat dilakukan atau ditampilkan oleh siswa untuk menunjukkan bahwa siswa itu
telah memiliki kemampuan dasar atau kompetensi dasar tertentu. Materi ajar
memuat fakta, konsep, prinsip, dan prosedur yang relevan, dan ditulis dalam
bentuk butir-butir sesuai dengan rumusan indikator pencapaian kompetensi.
DAFTAR PUSTAKA
Poerwati, Loeloek E. 2013. Panduan
Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pusta Karya.
Mulyasa. 2014. Pengembangan dan
Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: PT Remaja Rosda karya
Susilo, Joko M. 2012. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.
Yogyakarta: Pustaka Pelajar
[1] Muhammad Joko Susilo,Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan,Pustaka
Pelajar Offset,Yogyakarta,2006,hlmn. 140.
[2] Sofan Amri, Panduan Memahami Kurikulum 2013, Prestasi Pustaka,
Jakarta, 2013, hlmn. 151.
[3] Abdul Majid, Implementasi Kurikulum 2013, Interes Media, Bandung,
2014, hlmn 50
[4] Abdul Majid, Implementasi Kurikulum 2013, Interes Media, Bandung,
2014, hlmn 52
[5] Sofan Amri, Panduan Memahami Kurikulum 2013, Prestasi Pustaka,
Jakarta, 2013, hlmn. 151.
Komentar
Posting Komentar